Rabu, 04 November 2009

Created : satriaji

Hosting / Web Hosting
Hosting / Web Hosting merupakan suatu cara menempatkan file pada sebuah server yang terkoneksi internet 24 jam, sehingga semua orang yang terkoneksi dalam internet dapat melihat informasi file-file yang kita tempatkan pada server, dimana file-file tersebut berisi kode-kode HTML (Hypertext Markup Languange) atau Script (kalimat dalam bahasa pemrograman tertentu), adapun server yang digunakan dinamakan Web Server.

Domain Name
Domain Name adalah suatu nama yang digunakan untuk mengidentifikasikan nama server komputer (web server) yang memudahkan kita untuk mengakses suatu website, karena nama domain sebenarnya adalah sebuah IP (Internet Protocol). Untuk dapat mengenali file-file HTML yang dimiliki seseorang, maka diperlukan sebuah identitas yang dinamakan domain name. Dari pada kita susah-susah menulis IP misalkan 63.231.123.235 tentu lebih ringkas kalau kita menulis www.namadomain.com. Jika nama tersebut dipanggil dari browser, maka muncullah semua informasi yang akan ditampilkan oleh server dimana file-file tersebut disimpan (awal file yang ditampilkan biasanya berawalan index.htm, index.html, index.php, dsb). Domain name merupakan nama yang unik dimana jika sudah digunakan orang lain maka tidak bisa kita gunakan lagi. Karena itu untuk membuat sebuah website / homepage maka diperlukan hosting & domain name.

Top Level Domain
Top Level Domain (TLD) dibagi menjadi 2, yaitu : Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). Global Top Level Domain (gTLD) adalah suatu ekstensi yang umum dipakai di dunia, seperti .com, .net, .org, .edu, .gov, .mil, dsb. Dimana masing-masing extension mempunyai arti seperti (.com = commercial), (.net = network), (.org = organization), (.gov = goverment), (.mil = military), dsb. Sedangkan, Country Code Top Level Domain (ccTLD) adalah suatu ekstensi yang menyatakan ciri dari suatu negara, seperti .co.id, .net.id, .co.us, .net.us, .co.tw, dsb. Dimana masing-masing extension mempunyai arti seperti (.co.id = commercial.indonesia), (.net.id = network.indonesia), (.co.us = commercial.unitedstate), (.net.us = network.unitedstate), (.co.tw = commercial.taiwan), dsb.

Second Level Domain
Second Level Domain (SLD) adalah suatu nama domain yang telah didaftarkan. Contoh nama domain yang didaftarkan adalah domainsaya.co.id, maka domainsaya merupakan SLD dan .co.id nya adalah TLD.
Third Level Domain / SubDomain
Third Level Domain (ThLD) / SubDomain adalah bagian dari sebuah domain sebelum Second Level Domain (SLD) dan Top Level Domain (TLD). Contoh nama domain yang didaftarkan domainsaya.com, anda bisa menambahkan nama lain sebelum domainsaya.com, yaitu forum.domainsaya.com atau bisnis.domainsaya.com.

Transfer Domain
Transfer Domain adalah suatu fasilitas yang memungkinkan anda sebagai pemilik domain untuk memindahkan domain anda dari sebuah hosting ke hosting yang lainnya.

Parked Domain
Parked Domain adalah sebuah domain yang belum menentukan tempat hostingnya, maka domain tersebut perlu di park (di setting name server-nya) ke sebuah server. Parked domain biasanya bersifat sementara dan bisa ditransfer menggunakan transfer domain.

Add-on Domain
Add-on Domain adalah sebuah paket hosting yang digunakan untuk memakai domain lebih dari satu. Contoh anda mempunyai add-on domain www.coba1.com dan www.coba2.com.

Domain / URL Forwarding
Domain / URL Forwarding adalah suatu domain / URL yang digunakan untuk mengarahkan / mengalihkan suatu domain ke domain yang lainnya yang dituju.

Server / Host Name
Server / Host Name adalah nama server / hoster yang digunakan untuk menyimpan file dari sebuah domain. Jadi, setiap domain perlu disetting nama server-nya untuk menunjukkan bahwa file dari sebuah domain berada di server tersebut.

FTP Account
FTP (File Transfer Protocol) Account adalah suatu cara untuk memasukkan data / file ke server, biasanya menggunakan program FTP client seperti FileZilla Client, SmartFTP, CuteFTP, dsb. Untuk memasukkan data / file ke server diperlukan nama server (Host Name), username dan password (FTP Account) untuk koneksi.

Bandwidth
Bandwidth adalah ukuran pada web server untuk menampilkan dan menerima data yang mana akan dicatat dan dihitung setiap bulannya oleh server. Contoh, jika bandwidth per bulannya 1 GB maka server akan melayani penampilan dan penerimaan data tidak lebih dari 1 GB. Jika lebih maka server tidak akan menampilkan dan menerima data lagi.

Web Mail
Web Mail adalah mail yang dapat dibuka melalui browser, seperti : Yahoo, Google, Hotmail, dsb.

POP Mail
POP Mail adalah mail yang dapat dibuka melalui Outlook Express.

POP3
POP3 adalah alamat server dari mail yang digunakan untuk menerima email dari Outlook Express.

SMTP
SMTP adalah alamat server dari mail yang digunakan untuk mengirim email dari Outlook Express.

MySQL
MySQL adalah sebuah server database yang digunakan untuk menyimpan data dalam sebuah database MySQL yang berupa tabel - tabel

Ngobrol Seputar Bisnis Online
  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • TwitThis
print this page Print this page
Related Posts with Thumbnails

Recent Post

My Friends