Senin, 30 November 2009

Created : satriaji


Mungkin ada diantara teman-teman yang pernah meghapus sebuah postingan di blog anda. Jika halaman atau postingan yang anda hapus belum terindeks google maka anda beruntung karena tidak ada masalah dengan search engine. Tetapi masalahnya akan lebih beresiko jika postingan yang anda hapus ternyata telah terindeks oleh google. Jika telah terindeks google,otomatis link postingan tersebut tersimpan di cache google, sehingga saat google melakukan crawl terhadap blog anda akan mengakibatkan google menemukan link mati (semakin banyak link mati akan berimbas ke penurunan pagerank / bahkan pagerank cenderung susah naik). Namun ini hanyalah salah satu parameter yang digunakan google dalam membuat peringkat sebuah blog, selain inbound link, outbound link ,trafik,umur blog,kesehatan link dll.

Agar blog anda kelihatan sehat saat dikunjungi oleh robot google, maka ada baiknya anda melakukan pengecekan terhadap link-link yang secara tidak sengaja anda hapus.
Berikut prosedur untuk menghapus link yang sudah terindeks google:


1. Cek halaman yang sudah terindeks google dengan mengetik site:namablog di google search, bisa dilihat disini cara cek halaman terindeks google , atau bisa cek di dalam google webmaster tools di bagian diagnostic. (saya biasanya melakukan cross cek keduanya untuk mencari link bermasalah di dalam blog)

2. Login ke google webmaster tools
Catatan, saya menganggap blog anda telah ter-verifikasi oleh google, jika belum diverifikasi, bisa lihat disini panduan verifikasi blog di google

3. Setelah login, pilih crawler access
4. Pilih "New removal request"

5. Pilih individual urls: web pages,images or other files
Pilih next
6. Masukkan link halaman yang akan dihapus
Pilih add, kemudian Submit removal request
(maksimal 100 link)
Tunggu hingga google selesai melakukan penghapusan, biasanya (maksimal 90 hari) link tersebut akan hilang dari google search. Jika trik SEO di atas dianggap bermanfaat silahkan diterapkan di blog anda.

Selengkapnya bisa dilihat disini menghapus konten blog dari google

Ngobrol Seputar Bisnis Online
  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • TwitThis
print this page Print this page
Related Posts with Thumbnails

Recent Post

My Friends