Selasa, 19 Januari 2010

Created : satriaji



1. Excalibur
Ada beberapa versi mengenai legenda Excalibur, namun pada intinya sama..... Excalibur adalah pedang yang digunakan oleh King Arthur dari Inggris kuno dan sebelum kematiannya, King Arthur meminta Bedivere untuk melemparkan Excalibur ke dalam danau. Bedivere mencoba menipu King Arthur 3x karena merasa sayang untuk membuang pedang tersebut, namun tipuan itu selalu diketahui oleh King Arthur. Akhirnya Bedivere menyerah dan membuang pedang itu, bersamaan dengan itu King Arthur pun menghembuskan nyawanya yang terakhir.
Konon siapapun yang membawa pedang ini tidak akan pernah kalah dalam pertempuran. Sarung Excalibur bahkan memiliki kemampuan untuk menyembuhkan luka penggunanya....

Perbedaan legenda Excalibur terletak pada bagaimana King Arthur mendapatkan pedang itu. Ada yang mengatakan King Arthur mendapatkan Excalibur dari Witch of the Lake untuk menggantikan pedangnya yang patah ketika melawan King Pellinore. Ada yang mengatakan bahwa pedang tersebut didapat dari Witch of the Lake atas bimbingan Merlin sebelum King Arthur melawan King Pellinore. Ada juga yang mengatakan bahwa King Arthur mencabut pedang itu dari sebuah batu [legenda yg ini yang paling terkenal]

Konon King Arthur hanyalah legenda atau mitologi, karena tidak pernah ada raja inggris yang bernama Arthur dalam sejarah.....
 
2. Gáe Bolg
Gáe Bolg memiliki arti lightning spear namun bisa juga diartikan sebagai notched spear, belly spear, atau swelling spear. Gáe Bolg dibuat dari tulang seekor monster laut.

Gáe Bolg merupakan tombak legendaris yang dimiliki oleh pahlawan irlandia kuno.... Cu Chulainn. Cu Chulainn mendapatkan tombak ini dari gurunya sendiri, Scathach.



3. Kusanagi
Kusanagi merupakan salah satu dari 3 Imperial Regalia Jepang.

Konon ketika Susano o membunuh Yamata no Orochi, dia menemukan sebuah pedang yang tertanam dalam ekor monster tersebut. Pedang tersebut diberi nama Ama-no-Murakumo-no-Tsurugi yang artinya Sword of the Gathering Clouds of Heaven. Pedang tersebut dipersembahkan kepada Amaterasu dan ditempatkan pada sebuah kuil.

Pada beberapa generasi kemudian, pedang tersebut diberikan kepada seorang ksatria, Yamato Takeru untuk melawan daimyo [tuan tanah] yang jahat. Dalam pertempuran, sang daimyo mencoba mengurung Yamato dalam kebakaran yang dibuat dengan menembakkan panah api ke rerumputan. Dalam keadaan terjebak, Yamato menggunakan Ama-no-Murakumo-no-Tsurugi untuk memotong rumput yang terbakar. Tidak diduga angin yang ditimbulkan oleh pedang tersebut menghalau api dan membalikkan kobaran api menuju ke pasukan daimyo tersebut. Sejak saat itu Yamato menamakan Ama-no-Murakumo-no-Tsurugi menjadi Kusanagi yang artinya Grass Cutter.

4. Three Imperial Regalia of Japan
pic: lihat gambar kusanagi di no.3 Tounge.gif

Three Imperial Regalia of Japan terdiri dari pedang Kusanagi yang melambangkan keberanian, kalung Yasakani no magatama yang melambangkan kebaikan, dan cermin Yata no Kagami yang melambangkan kebijaksanaan.

Konon kusanagi disimpan di kuil Atsuta di Nagoya, Yasakani no magatama disimpan di Tokyo dan Yata no Kagami disimpan di kuil Ise di prefektur Mie, namun hal ini tidak diketahui kebenarannya.

Menurut mitologi, ketiga artifak ini dimiliki oleh Ninigi-no-Mikoto, nenek moyang keluarga bangsawan jepang. Dia menerima ketiga artifak ini langsung dari Amaterasu sendiri.


5. Leavantine
Leavantine jarang disebut-sebut dalam mitologi nowergia, padahal senjata ini memegang peranan yang sangat penting disana.....Leavantine adalah pedang api milik Surtr, raksasa penguasa Muspelheim, dunia api. Leavantine dibuat oleh Loki yang menyamar. Di tangan Surtr, pedang tersebut menyala sangat terang bahkan lebih terang dari matahari sendiri. Dalam pertempuran terakhir antara Aesir dan Vanir, Surtr membunuh beberapa dewa dengan pedang tersebut, tidak hanya itu, dia juga membakar bumi dan langit..... saat pedang tersebut jatuh ke bumi, kobaran api dari pedang itu membakar habis bumi dan memusnahkan semua kehidupan disana, dalam mitologi nowergia peristiwa tersebut dikenal dengan sebutan Ragnarok.

6. Claíomh Solais


Claíomh Solais adalah pedang cahaya yang muncul di Findais dan dimiliki oleh Nuada Airgeadlámh (Nuada of the Silver Hand) dalam mitologi Irlandia. Konon pedang ini memancarkan cahaya dan dapat dengan mudah memotong zirah lawan.

Claíomh Solais merupakan salah satu dari empat artifak yang dibawa oleh Tuatha Dé Danann dan diberikan pada ksatria Irlandia kuno.

Trivia: Airgeadlámh dari bahasa irlandia kuno dan Argetlam dari Eragon memiliki pelafalan yang sama dan memiliki arti yang sama yaitu "Tangan Perak". Mungkin saja Christopher Paolini mengambil mitologi ini sebagai salah satu referensi untuk novelnya....

Ngobrol Seputar Bisnis Online
  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • TwitThis
print this page Print this page
Related Posts with Thumbnails

Recent Post

My Friends